[TUTORIAL] Cara Decompile dan Recompile APK

Buat kalian yang suka atau ingin membongkar apk tapi tidak tau caranya, jangan kawatir sekarang kita kembali lagi di tutor ini,,,,ahahha #apa sih ga jelas ni
ok lah dari pada lama lama langsung aja ini dy cara decompile dan recompile file apk

Bahan:
- Java JDK : http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html (download sesuai versi OS pc kalian 64/32 bit)
- Apk multi tool: https://www.dropbox.com/s/qkmslg38fn91o8u/APK%20Multi%20Tool.zip
- framework-res.apk (diambil dari hh kalian system/framework/)
- twframework-res.apk (diambil dari hh kalian system/framework/)
- systemUI.apk (diambil dari hh kalian system/app/)
- root explorer
Alat:
- PC dan sejenisnya

step awal:
1. download semua bahan dan install terlebih dahulu java jdk di PC agan
2. extract apkmultitool.rar nya dan kalian akan menemukan folder apkmulti toolnya
3. kita buat source table terlebih dahulu untuk menjalankan decompile n recompile caranya:
- copy file framework-res.apk, twframework-res.apk, dan systemUI.apk di folder Other (dalem folder multitool)
- copy lagi file systemUI.apk di folder place-apk-here-for-modding (dalem folder multitool)
- jalankan file setup.bat dan pilih angka 2
- kemudian instal framework-res.apk, twframework-res.apk, dan systemUI.apk yaitu no 1 , 2 , 4
- dan selamat source tablenya udah ke install tinggal melanjutkan deconpile n recompilenya.

CARA Decompile:

1. Karena tadi di awal kita sudah menempatkan systemui.apk di folder modding jadi langsng kestep berikutnya (selain systemui.apk bisa juga file apk lainnya taruh saja di folder modding)
2. Buka “Script.bat” dan Enter saja pada jendela awal APK multi toolnya
3. Lalu ketik “24” untuk memilih apk yg akan kita decompile.
4. Setelah ketik "24", maka akan muncul nama Apk yg ada di folder place-apk-here-for-modding. Tinggal kalian pilih aja nomer urutnya berapa.
5. Kalo sudah ditentuin apk yg mau kita decompile, lalu kita ketik “9”, dan proses decompile akan berjalan. dan tunggu sampai selesai.
6. Kalo sudah selesai decompile, jangan di close dulu script.bat (cmd apk multi toolnya) yang kalian running tadi cukup minimize aja, kalo udah buka folder project yang ada di apk multi toolnya dan kalian akan menemukan folder dengan nama apk yg kalian decompile tadi, disini contohnya folder systemui karena kita sedang decompile systemui.apk
7. Sekarang silahkan kalian edit isi dari folder itu sesuai keinginan kalian, sitiap file yang kalian edit silahkan dicatat nama file nya karena penting supaya tidak lupa saat proses re-compile nanti.

CARA Re-compile atau compile:
1. Setelah selesai edit daleman apk kalian sekarang buka kembai jendela sricpt.bat yang kalian minimize tadi, lalu ketik “11” untuk melakukan proses Re-Compile.
2. Kalo muncul pesan error "an error ocurred,please check the log" press ane key to continue...", silahkan kalian cek lagi file yang kalian edit tadi, berarti masih ada kesalahan waktu proses editing tadi. Sampai benar-benar ngak ada lagi pesan error, dan baru kalian bisa lanjut ke langkah 3.
3. Jika muncul pesan “Is This System apk? bla bla bla ....(y/n)”, ketik saja : “y” lalu enter tunggu samapai proses selesai
4. Lalu akan muncul pesan “In the apk manager folder u'll find a keep folder. Within it, delete everything you have modified and leave files that you haven't. If you have modified any xml, then delete resources.arsc from that folder as well. Once done then press enter on this script. Press any key to continue . . .
” JANGAN PENCET APA-APA DULU DISINI, BIARIN AJA DULU. JANGAN DI CLOSE, DI MINIMIZE DULU."
5. Buka folder apk multi toolnya dan kalian akan menemukan folder “keep” . buka folder tsb lalu hapus file “resource.arsc” Dan hapus juga file yang tadi kalian edit. Contoh tadi kalian mengedit file “status_bar.xml”, maka file status_bar.xml yg ada di dalam folder keep, harus kalian hapus. (inilah gunanya mencatat nama file apa aja yg tadi habis kalian edit.)
6. Kalo sudah dihapus, kembali lagi ke script.bat yang tadi di minimize. Lalu tekan enter.
7. sampai proses selesai dan ada keterangan “Everythink is OK”, berarti kalian sudah berhasil.
8. Buka lagi folder place-apk-here-for-modding, nanti disitu akan ada file dengan nama “system_systemui.apk”. Semisal tadi Kalau kalian mengedit file SystemUI, maka akan muncul file “system_systemui.apk”
9. Tinggal rename dan pindahkan ke tempat dimana seharusnya file apk itu berada, dan ubah permissionnya seperti yang lainya menggunakan aplikasi root explorer.

dan selamat berkreasi ^^


Note :

* Copy file framework-res.apk dan twframework-res.apk yang ada di hp kamu ke folder other dan instal frameworknya menggunakan setup.bat
* Pada saat proses Re-Compile terdapat pesan error, maka jangan dipaksakan ke langkah 3. Dijamin bakal error Apknya dan bisa menyebabkan FC.
* Jika terjadi error, buka file "log.txt". Disitu tertulis dengan jelas dimana letak kesalahannya. (terkadang tidak ada juga)
* Di dalam folder keep, RESOURCE.ARSC HARUS DIHAPUS !!
* Dan ada beberapa file yg tidak ada di folder keep. Misal kalian mengedit string.xml atau style.xml yg adanya di folder res/values. Maka di folder keep ngak akan ada folder values. Begini caranya :
- Jika kalian mengEdit file di folder values, cukup hapus file resource.arsc
- Jika kalian mengEdit file di folder smali, hapus file classes.dex
* Untuk folder yg lainnya, silakan langsung menuju ke filenya. Tapi jangan pernah menghapus file yg kalian ngak edit. Intinya, apa yang tadi kalian edit, itu yg harus diapus.

0 Response to "[TUTORIAL] Cara Decompile dan Recompile APK"

Posting Komentar